Perubahan Yang Melenakan

Inilah Nusantaraku, Nusantaraku adalah sebuah negeri yang dikenal sebagai “cuilannya surga”. Julukan tersebut bukan tanpa alasan memang, jika dilihat secara kasat mata Nusantaraku ini memiliki semuanya seperti tanah yang subur, kebudayaan yang begitu kaya, masyarakat yang ramah, dst. Nusantaraku ini adalah negeri yang bagi siapapun yang pernah tinggal di dalamnya akan merasakan kedamaian dan juga takjub akan keindaannya. Namun saat ini Nusantaraku sudah banyak berubah, Nusantaraku yang dulu sangat menjaga keorisinilannya kini Nusantaraku telah berubah menjadi negeri yang memiliki peradaban dengan teknologi yang canggih. Kita pun penghuninya  dituntut juga untuk dapat mengikuti perubahan tersebut.

 Memang di era digital ini kita tidak akan bisa menghindar dari kecanggihan teknologi. Disatu sisi kita akan termudahkan dengan kecanggihan tersebut. Banyak alat – alat yang diciptakan untuk memudahkan kita dalam melakukan sesuatu, misal handphone, TV, rice cooker, dll. Namun disisi lain kita juga akan mendapatkan banyak pengaruh dari luar. Karena dengan gampang kita bisa mengakses hal apapun yang kita inginkan

Perubahan yang terjadi sekarang ini telah memberikan banyak sekali kenyamanan untuk kita. Karena kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak energi untuk memenuhi  hal yang kita inginkan. Namun kenyamanan yang tercipta, sadar ataupun tidak kita sadari semakin lama akan semakin melenakan kita. Membuat kita terbiasa pada kenyamanan dan tidak berani mengambil resiko. Serta mudahnya informasi yang kita dapatkan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kita mendapatkan pengaruh dari luar, yang mana pengaruh  tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan personalitas kita.

Untuk itu dalam hal ini dibutuhkan perilaku selektif agar bisa menyeleksi pengaruh-pengaruh negatif dari luar. Selain itu perlu juga untuk memunculkan keadaan di mana kita dapat berperilaku sesuai dengan personalitas kita. Agar kita tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh dari luar di tengah tekanan yang semakin tinggi ini.

 

Menumbuhkan Otentisitas

Beberapa hari yang lalu diri ini dibuat terperangah oleh perkataan dari bapak guru. Hari itu juga diri ini baru menyadari bahwa sebelum-sebelumnya dalam berbagai kesempatan bapak guru sering kali mengingatkan agar sebisa mungkin untuk bisa memunculkan  sendiri keadaan yang dapat membuat diri ini bisa berperilaku sesuai dengan personalitas atau hal ini dalam bahasa psikologi lebih dikenal dengan bahasa otentisitas.

 Namun diri ini yang terlalu tebal telinga, sering kali mengabaikan hal itu, menganggapnya  hanya angin lalu saja. Setelah itu diri ini mencoba untuk sejenak merenung. Bahwa benar apa yang diucapkan bapak guru, sangat penting untuk kita bisa memunculkan otentisitas diri. Apa lagi di tengah derasnya perkemangan zaman yang kita sendiripun tidak bisa membendungnya.

Saat ini akibat derasnya pengaruh yang kita dapatkan. Telah membuat kita sering juga meragu pada diri sendiri. Meragukan kemampuan yang kita miliki. Dan tenyata keraguan tesebut juga telah mengikis rasa percaya diri kita. Sering kali kita bingung untuk menentukan pilihan. Tidak jarang pula kita akhirnya terpaksa menentukan pilihan dan ternyata pilihan yang kita pilih tersebut tidak sesuai untuk kita. Yang mana hal ini akan merugikan diri kita seniri.

Untuk itu sangat penting memunculkan otentisitas diri. Saat kita sudah bisa memunculkan otentisitas, akan bisa dipastikan kita tidak akan mudah terpengaruh oleh keadaan diluar yang begitu besar pengaruhnya. Apapun yang kita kerjakan kita akan bisa berdiri teguh pada nilai-nilai yang sudah tertananam pada diri kita.

Nyuhani Prasasti

LEAVE A REPLY